Little Escape to Moro Island (Kepri)

Halo sobat Chicker's yang stay di Batam dan kalian penat dengan suasana yang metropolis serta kekotaan, maka let's do little escape. Salah satu tempat yang pas adalah Pulau Moro. Moro merupakan pusat kecamatan yang berada di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Dan Moro juga adalah satu-satunya Pulau dengan fasilitas yang lengkap di antara pulau-pulau sekitar lainnya. Di Moro sudah ada bank, rumah sakit, dan sekolah SMA, dan pasar tradisional. Dan jika kalian tinggal di Singapore kemungkinan ikan yang kalian makan disana bersumber dari pulau ini lo. Para nelayan kecil di sekitar Pulau Moro, seperti Jang, Pauh, Sugi, menjual ikan mereka di Moro dan selanjutnya akan di ekspor ke Singapore.


Penampakan Pulau Moro dari Jetty Kedatangan


Satu-satunya bank yang ada di kawasan Moro dan sekitarnya

Lokasi Moro ini hanya sekitar satu jam dari Pulau Batam tepatnya dari Pelabuhan Domestik Sekupang. Perjalanan bisa di tempuh dengan menggunakan local ferry dengan harga tiket IDR 120.000. Untuk local ferrynya sendiri beroperasi dari pagi sekitar jam 9.00 WIB dan yang terakhir sampai jam 15.00 WIB. Suasana local ferrynya mirip dengan kondisi bus damri ekonomi yang tidak memiliki AC dan tetep mental orang Indo no smoke, no life. Banyak juga orang-orang yang masih merokok dalam kapal walau sudah ada tulisan no somoking dalam kapal.


Suasana dan kondisi local ferry Batam-Moro


Pasti sobat Chicker's bakal muncul pertanyaan apa yang bisa dilakukan di Pulau Moro?

Jawabannya adalah.......




Enjoy local kopi, teh, and snack di kedai, just only information anak gaul Moro biasanya nongkrong di Kedai Suka Ramai lo. 


Naik becak motor



Enjoy suasana Kampung Melayu


Di Pulau Moro juga ada penangkaran sarang burung walet lo! And suaranya menggelegar juga



Untuk mempermudah akses antar pulau, ada juga jembatan yang terbentang antara Pulau Pauh dan Moro. Panjang jembatan ini tidak terlalu panjang hanya sekitar 3-5 menit. Dalam perjalanan menuju jembatan kalian bisa mampir melihat Vihara Vapasana Giri, penampakannya dalah sebagai berikut.



Setelah melewati jembatan kalian bisa melihat pemandangan yang amazing dan tentunya hanya motor yang bisa punya akses disini, no publik transportation and hanya ojek yang ada.




Pemandangannya juga keren banget lo sobat Chicker's, bisa liat pulau-pulau dari atas bukit.



Sekian ya sobat Chiker's pejelasan tentang Pulau Moro, I think banyak pulau ataupun tempat di Indonesia yang mempunyai potensi seperti ini. Dan maju tidaknya area terpencil ini tergantung bagi para kalian generasi muda mengolah dan menjaga kelestarian alam Indonesia. Ya sebagai generasi muda saya coba menulis tentang Pulau Moro ini guna memberikan informasi bagi sobat Chiker's yang belum tahu tentang Pulau Moro ini.



Comments

  1. saya dari Penang, Malaysia. Sangat tertarik dengan Moro ISland. Mungkin kalau di internet, x banyak cerita tentang Pulau Moro ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts