Berburu Sajian Kuliner Halal di Phetchaburi, Bangkok, Thailand

Sebagai seorang muslim, tentu saja ada sebuah tantangan di kala traveling di negara yang mana pemeluk muslim adalah minoritas. Tantangan yang selalu dihadapi ketika traveling sebagai seorang muslim adalah menemukan sajian kuliner halal dan tempat beribadah. Hal ini juga merupakan tantangan yang saya hadapi ketika berkunjung ke Bangkok. Saat merencanakan perjalanan ke Bangkok, salah satu hal yang saya persiapkan adalah mengumpulkan informasi tentang tempat di Bangkok yang menyediakan sajian kuliner halal. Dan salah satu tujuan saya adalah area Phetchaburi.

Saya memutuskan untuk mengunjungi Phetchaburi saat malam terakhir saya di Bangkok sebelum kembali ke Indonesia keesokan harinya. Untuk mencapai area Phetchaburi kita bisa menggunakan transportasi umum berupa BTS (Bangkok Sky Train) dan turun di stasiun Ratchathewi. Dari statasiun Ratchathewi saya berjalan kaki sekitar 500m untuk menuju area Phetchaburi. Selain sebagai sentra kuliner halal, di area Phetchaburi juga banyak terdapat banyak pilihan hostel untuk para backpacker. Sentra Kuliner di area Phetchaburi akan mulai dibuka sekitar pukul 5 sore waktu setempat.

Suasana  Area Phetchaburi

Sesampainya di area Phetchaburi saya langsung disambut dengan berbagai sajian lokal dan tentu saja banyak yang halal. Saya menjatuhkan pilihan untuk membeli berbagai gorengan di salah satu pedagang kaki lima, harga gorengan tersebut sekitar 5-10 THB. Setelah menikmati gorengan, saya melanjutkan berburu kuliner lainnya.

Gorengan Halal

Mata saya tertuju pada angkringan yang ramai dan banyak orang nongkrong disitu, nama angkringannya adalah Teho. Dan akhirnya saya membeli makanan di sini sambil menikmati suasana. Harga yang ditawarkan oleh kedai Teho adalah sekitar 5-50 THB dengan berbagai varian menu. Kata pramusaji yang membantu saya, yang recommended adalah Thai Tea dan gorengan pisang, dan akhirnya saya membelinya.

Thai Tea dan Gorengan Pisang

Suasana Kedai Teho

Tak terasa waktu sholat Maghrib telah tiba. Tentu saja karena Phetchaburi adalah sentra kuliner halal, maka pasti akan ada masjid di area tersebut. Saya akhirnya melaksanakan Sholat Maghrib di Masjid Darul Aman.

Dari Kedai Teho saya berjalan sekitar 5 menit untuk menuju Masjid Darul Aman. Setelah saya selesai melaksanakan ibadah di masjid, saya melanjutkan perjalanan ke tempat berikutnya. Menurut saya jika kalian mencari tempat penginapan di Bangkok, area Phetchaburi adalah pilihan yang tepat bagi muslim traveler. Dikarenakan area Phetchaburi terdapat hostel yang murah, dekat dengan sentra kuliner muslim, dan dekat dengan masjid yang mana akan memudahkan bagi laki-laki yang akan melaksanakan ibadah Sholat Jumat.