Tips Traveling Ketika Menstruasi

    Perempuan dan menstruasi adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Namun terkadang menstruasi bisa mengganggu aktifitas yang sedang kita jalani, salah satunya adalah ketika kita sedang melakukan traveling. Berikut adalah tips traveling ketika menstruasi yang sudah selalu saya terapkan.

1. Selalu check tanggal menstruasi kita setiap bulan.



Contoh aplikasi menstrual tracker.

    Mencatat tanggal menstruasi setiap bulan perlu untuk dilakukan selain untuk alasan kesehatan, dengan selalu mencatat siklus menstruasi kita bisa memperkirakan kapan menstruasi berikutnya akan datang. Lalu setelah kita mengetahui kapan kira-kira menstruasi berikutnya kita bisa mencocokan dengan jadwal perjalanan kita. Jika tanggal menstruasi kita bertepatan dengan jadwal perjalanan, jadinya kita bisa mempersiapkan apa yang perlu kita bawa saat melakukan perjalanan. Untuk mencatat siklus menstruasi selain secara manual sekarang juga bisa dilakukan dari aplikasi handphone jadi bisa lebih praktis. Contoh aplikasi mencatat situs menstruasi di google store

2. Membawa alat penampung menstruasi.

    Alat untuk menampung darah menstruasi ada berbagai macam. Di Indonesia sendiri pada umumnya wanita memakai pembalut/pad untuk menampung darah menstruasi. Namun ada juga alat penampung menstruasi yang lain selain pembalut/pad, yaitu tampon dan menstrual cup. Jika kalian ingin berenang dan saat itu kalian sedang menstruasi kalian bisa menggunakan tampon atau menstrual cup, tidak disarankan untuk memakai pembalut/pad saat berenang karena justru pembalut akan menyerap lebih banyak air dan akan membuat kalian merasa tidak nyaman. Bagi kalian yang belum tahu apa itu tampon dan menstrual cup maupun cara kerjanya. Berikut video pembahasannya.


Video Cara Kerja Menstrual Cup


Video Tentang Tampon


   Walaupun saat kalian mengecheck tanggal perjalanan dan ternyata pada tanggal tersebut biasanya kalian belum menstruasi, kalian harus tetap wajib membawa alat penampung menstruasi kalian untuk berjaga-jaga. Apalagi bagi kalian yang jadwal menstruasinya tidak teratur.

3. Membawa kantong plastik ekstra, tissue basah, dan tissue kering.

    Membawa kantong plastik ektra wajib hukumnya untuk berjaga-jaga jika kalian tidak bisa menemukan tempat sampah ketika akan membuat pembalut atau tampon yang selesai kalian gunakan, apalagi terutama kalian yang sedang traveling ke alam bebas. Jangan sampai sampah bekas pembalut atau tampon kita buang sembarangan ya.

    Sedangkan fungsi tissue basah dan tissue kering adalah barang yang digunakan untuk membersihkan area vagina ketika kalian kesusahan mencari air. Ini biasa terjadi ketika kita traveling keluar negeri. Beberapa negara hanya menyediakan tissue kering dan tidak menyediakan air mengalir di toilet umum.

4. Minum air putih

    Ketika kita traveling, kadang saking asyiknya kita lupa untuk minum air putih dan bisa menyebabkan dehidrasi. Menurut halodoc.com dehidrasi saat menstruasi bisa menyebkan otot rahim bisa berkontraksi lebih keras dan menyebabkan nyeri haid makin bertambah parah. Untuk amannya bawa selalu botol air minum kemanapun kalian pergi, karena dehidrasi berakibat buruk bagi tubuh.

5. Membawa obat penghilang rasa nyeri

    Bagi beberapa orang, nyeri menstruasi terkadang rasa sakitnya sampai bisa tak tertahankan, meminum obat penghilang rasa nyeri adalah salah satu yang bisa diandalkan. Banyak obat penghilang rasa nyeri menstruasi yang dijual di pasaran, tentu saja jika kalian meminumnya harus dengan dosis yang dianjurkan ya.

6. Check destinasi yang akan kita tuju.

    Beberapa destinasi wisata ada juga yang memberlakukan aturan bagi perempuan ketika menstruasi. Mengecheck tata aturan destinasi wisata yang akan kita tuju memang perlu. Jangan sampai sudah jauh-jauh ke destinasi yang ingin kita tuju eh kita malah gagal masuk. Bisa juga siapkan plan pengganti jika memang kita tidak bisa memasuki destinasi wisata tersebut.


Sekian tips traveling saat menstruasi yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman saya. Semoga dengan tips ini bisa membantu kalian yang akan berpergian namun mengalami kendala ketika menstruasi.

With love,


Okky 


   



Comments

Popular Posts